Loading

25 Februari 2010

Dasar-dasar javascript


Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan script yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa script pertama untuk web programing. Bahasa ini adalah bahasa web programing untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah-perintah di sisi user.

Javascript bergantung kepada browser(navigator) yang memanggil halaman web yang berisi script-script dari javascript dan tentusaja terselip di dalam dokumen HTML. Javascript juga tidak memerlukan kompilator atau penterjemah khusus untuk menjalankannya(pada kenyataannya kompilator javascript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut). Lain halnya dengan bahasa “java” (dengan nama javascript selalu di banding-bansingkan) yang memerlukan kompilator khusus untuk menterjemahkan di sisi user/client.

Javascript adalah bahasa web programing yang berbasis objek, artinya saat menuliskan javascript, anda menggunakan objek-objek bawaan atau objek-objek yang anda ciptakan sendiri. Javascript adalah bahasa yang “case-sensitive” artinya membedakan penamaan variabel dan fungsi yang menggunakan huruf besar dan hurus kecil, contoh variabel dan nama fungsi dengan nama TEST berbeda dengan variabel dengan nama test. Dan yang terakhir seperti bahasa java ataupun C, setiap intruksi di akhiri dengan karakter titi koma (;).

Sruktur dasar javasript

Program javascript di tuliskan pada file HTML (.html atau .htm) dengan menggunakan tag <SCRIPT>. Derati anda tidak perlu menulisakan program javaScript pada file terpisah dengan file HTML (meskipun anda bisa melakukanya).


Berikut adalah sintak umum penulisan javascript :

<script language=”JavaScript”>

//perintah javascript

</script>



Atribut language=”javascript” memberitahukan browser bahwa script yang anda tulis adalah javascript.

[Download ebook]