Loading

25 Februari 2010

dasar-dasar HTML

Sebenarnya, dokumen HTML hanyalah sebuah dokumen teks biasa dan sebut sebagai Markup Language yakni bahasa yang mendukung kode penanda yang si sebut HTML yang di gunakan untuk mengatur format tampilan suatu dokumen. Kode ini di selipkan ke dalam teks HTML, berfungsi untuk mengontrol format dan layout dalam dokumen, menunjuk ke suatu hyperlink, dan lain-lain. Tag HTML ini menggunakan simbol khusus dan untuk menandakan suatu kode instruksi, simbol ini adalah kurung siku < dan >.

Hal yang harus di perhatikan adalah kode tag HTML ini taidak bersifat case-senditif artinya <body> sama dengan <BODY> ataupun <bOdY>. Pada umumnya banyak dari pemakai HTML menggunakan hufur besar dalam penulisan tag HTML sehingga kode-kode ini terlihat jelas, sehingga mempermudah proses pembacaan. Semua bagian HTML terdiri dari dua bagian logikal yaitu :

  • Bagian kepala (head). Secara umum, bagian kepala terdiri dari dokumen HTML berisi informasi umum mengenai dokumen.
  • Dan bagian badan (body) yaitu berisi dokumen yang sebenarnya.

Setiap dokumen HTML harus dimulai dan di akhiri dengan tag <HTML> yang mendeklarasikan suatu dokumen sebagai dokumen HTML. Sruktur dasarnya adalah sebagai berikut:



<html>
<head>
  <title>Judul</title>
 </head>
<body>
ISI WEB
</body>
</html>



Keterangan:

<html> ... </html>

Mendefinisika bahwa text yang berada di antara kedua tag tersebut adalah file HTML.

<head> ... </head>

Sebagai informasi tag header. Di dalam tag ini kita bisa meletakan tag-tag TITLE, BASE, ISIINSEX, LINK, SCRIP, STYLE dan META

<title> ...</title>

Sebagai titel atau judul halaman/form, digunakan sebagai identifikasi dokumen. Dokumen yang terletak dalam tag ini akan muncul pada bagian atas browser anda (pada title bar).

<body> ...</body>

Mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak di tampilkan sebagi isi halam web. Di dalam tag ini bisa di letakan berbagai page atribut seperti bgcolor, baground, text, dan lain-lain.
[download ebook]